Jumat, 15 September 2017

Asal Usul dan Sejarah Internet Marketing

Internet Marketing

Setelah Alan Turing menemukan komputer, manusia sudah mulai memikirkan cara bagaimana agar alat ini bisa membantu manusia dalam memasarkan produknya ( Belajar SEO) . Inilah langkah awal seperti apa sejarahnya internet marketing. Di tahun 1960-an teknologi internet baru mendunia secara luas, dan membuat seluruh marketer sadar bahwa ada media lain dengan cakupan lebih luas yang dapat mereka gunakan.



Mengutip dari Liputan 6, 27 November 2015, Inilah Iklan Pertama di Internet, tekno.liputan6.com, yang diakses pada pukul 01:45 PM hari Rabu, 20 Juli 2016, iklan pertama di internet adalah sebuah ajakan untuk melihat sebuah produk terbaru dari sebuah komputer.

Bentuknya seperti spam dan tertempel di email. Jadi bukan dari website atau pop up seperti sekarang. Memang belum bisa dipastikan apakah itu iklan pertama atau bukan, mengingat tidak adanya sumber atau lembaga pasti yang mencatat tentang sejarah dan asal-usul internet marketing.

Internet marketing terdiri atas dua kata, internet dan marketing. Pertama adalah internet, menurut wikipedia “Internet adalah jaringan komputer skala dunia yang memungkinkan orang-orang untuk saling berhubungan menggunakan layanan seperti email, chat online, transfer file dan halaman website”. Sementara marketing dalam bahasa Indonesia disebut pemasaran.
Kedua adalah Marketing adalah sebuah proses bertujuan mengetahui keinginan konsumen, mengalokasi produk atau jasa yang sesuai dengan keinginan tersebut, membuat seorang konsumen tertarik dengan produk atau jasa tersebut.

Seorang marketer punya tugas utama membuat konsumen mengenal produk atau jasa yang ditawarkan melalui teknik-teknik marketing. Tanpa usaha marketing, sebuah perusahaan biasanya tidak akan sukses dalam jangka waktu yang lama.
Dari kedua arti diatas, terciptalah kata Internet Marketing. Internet Marketing sebenarnya sederhana dalam makna walaupun sulit dalam implementasi.
Internet marketing biasa disebut sebagai online marketing atau E-marketing, perbedaan internet marketing adalah penggunaan media internet guna mendukung proses marketing, sehingga proses marketing lebih efektif, cepat dan biaya murah.
Internet marketing yang sukses adalah memiliki ciri-ciri berikut:

a) Didukung oleh organisasi yang baik, memiliki tujuan yang didukung dengan benar. Seperti halnya perkataan peribahasa, “man behind the gun” sangatlah berpengaruh.
b) Perusahaan mengetahui apa sebenarnya keinginan dan harapan konsumen.
c) Adanya produk dan layanan yang ditawarkan. Karena tidak mungkin disebut internet marketing jika tidak memiliki produk dan layanan yang ditawarkan.
Semua hal yang berkaitan dengan internet marketing selalu berkaitan dengan 3 hal tersebut, yaitu: Tujuan, Target pasar dan Produk dan Jasa yang ditawarkan. Sehingga internet marketing tidak selalu berkaitan dengan desain web atau pemrograman web, namun yang tidak kalah penting adalah adanya tujuan yang diformulasikan dengan jelas.

Asal Usulnya Internet Marketing?

Siapa sangka model internet marketing paling ‘primitif’ itu sekarang diadopsi oleh model internet marketing seperti pesan massal (broadcast message)?

Barulah setelah itu situs-situs di internet berdiaspora secara massif. Inilah awalnya darimana asal usulnya internet marketing. Membuat seluas-luasnya kesempatan bagi semua perusahaan atau perorangan untuk memasarkan produknya secara nyata. Bahkan barang yang tidak ada stoknya pun bisa dipasarkan.

Internet diciptakan dari jaringan-jaringan data yang terhubung dari seluruh dunia. Menghubungkan banyak orang dan perusahaan. Sebuah pangsa pasar yang cukup menggiurkan. Apalagi seiring perkembangan zaman dan imajinasi manusia, template internet tidak kaku hanya sebatas  layar datar komputer. Ada telepon pintar dengan berbagai fitur seperti aplikasi chatting, dan media sosial yang semuanya bekerja dengan byte-byte data dari internet.

Sejarah internet marketing dan asal-usul internet marketing mungkin tidak sepenting marketing konvensional yang da diajarkan pada kurikulum sekolah atau silabus mata kuliah. Tapi sekarang internet marketing urgensinya melebihi marketing dengan format offline. Kemudahan yang ditawarkan internet marketing sangat menggiurkan untuk tidak digunakan.

Munculnya beberapa media sosial seperti Facebook, Blackberry Messangers, Twitter, dan yang terbaru, Instagram, bisa dikatakan sebagai era baru dari sejarah dan asal usul internet marketing modern. Rasanya tidak ada brand atau perusahaan yang tidak memiliki akun media sosial sekarang. Karena di media sosial ini target pasar dan perilaku konsumen mereka bisa terekam.

Media sosial juga memungkinkan penjual dan pembeli berinteraksi secara nyata tanpa harus bertatap muka, tanpa harus melihat bentuk fisik barang dagangan, namun tetap bisa menggunakan fitur paling umum dari sebuah kegiatan perdagangan bernama tawar menawar.

Jika anda membutuhkan jasa Pakar Internet Marketing silahkan hubungi kontak di website ini