Langsung ke konten utama

Cara Belajar SEO Dalam 1 Hari - Setting Fokus Bisnis dan Kompetitor Analisis

Beberapa rekan Saya yang pernah menggunkan jasa SEO untuk mengoptimasi webnya atau toko onlinenya mengatakan untuk jasa SEO satu kata kunci tarif yang harus dibayar sebesar Rp.1.000.000 sampai RP. 3.000.000. 



Apakah harga tersebut mahal? jawabannya adalah relatif. 
Sebuah website yang menjual barangnya secara online dimana setelah berhasil melakukan optimasi dan menghasilkan pelanggan yang otomatis berdatangan, tentunya akan menguntungkan, bisa dikatakan keuntungan dari investasi biaya SEO bisa 10 kali lipat bahkan 100 kali lipat dan yang terpenting adalah "Sustain".

 Lalu pertanyaannya, "saya tidak memiliki dana cukup untuk membayar jasa seo, lalu apa yang harus saya lakukan ?". Jawabannya adalah "Fokus,Tekun dan Terus Belajar". SEO bukan hanya membutuhkan Knowledge tetapi juga ketekunan dan kesabaran, dengan modal ini anda tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk mengoptimalisasi web anda untuk dapat muncul di Halaman Pertama hasil pencarian Google.

Berikut saya akan jabarkan panduan untuk melakukan optimasi pada web anda dari awal hingg akhir. Dalam kasus ini saya menganggap anda sudah memiliki Web Site yang telah dipublish, apakah itu menggunakan engine Blogspot,Wordpress tidak masalah, 1 Halamanpun tidak masalah !


Langkah Apa Saja Yang Harus Saya Lakukan ?


1.Tentukan Fokus Target Bisnis Di Web Anda & Siapa Kompetitor Anda.
Fokus pada jenis tertentu atau niche sangatlah penting, agar anda tidak kehilangan arah dan beban juga menjadi lebih ringan. Misalkan web anda memiliki BISNIS TRAVEL, maka untuk jenis Travel saja masih umum, anda perlu lebih fokus lagi menspesifikasikan TRAVEL, apakah itu Tiket Pesawat ? Paket Tour ? atau sekedar Blog Cerita Perjalanan.

Misalkan anda mengambil Fokus "Paket Wisata", kemudian turunkan lebih subnya menjadi lebih fokus lagi, Paket Wisata Bandung?, Paket Wisata Bali?

Setelah anda mendapatkan Fokus Scope ini, baru mulai masuk ke langkah berikutnya, yaitu Kompetitor Analisis. Bagaimana caranya mengetahui kompetitor kita ? Mudah saja, anda tinggal ketikan "Paket Wisata Bali" di Google Search, maka yang muncul di Peringkat 1 - 10 itu adalah kompetitor anda.

Setelah anda mengetahui kompetitor anda, Check DA dan PA Web Kompetitor anda.. apa Itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority)  ? PA dan DA adalah salah satu parameter yang digunakan Google untuk menentukan Kualitas dari sebuah Halaman Web, semenjak issue beredar Google sudah tidak mengupdate Page Rank, faktor DA dan PA ini menjadi salah satu penentu bagaimana Google menempatkan sebuah Web Site ada di Halaman Pertama.

Untuk mengecek DA dan PA, cukup mudah anda tinggal mengcopy URL Kompetitor anda kemudian bukan MOZ Site Explorer, (fasilitas ini gratis). Anda tinggal paste url tadi tekan tombol search maka akan terlihat PA dan DA dari URL Kompetitor anda.


Ranking PA dan DA ini rangenya adalah 1-100, semakin besar nilainya semakin baik.

Catat di File Excel sederhana 10 Kompetitor anda DA dan PA untuk memonitor sejauh mana persaingannya dikemudian hari.

Apa hal yang terpenting dari strategi ini ?
Anda harus dapat menaikan Ranking DA dan PA anda minimal hampir sama dengan web Kompetitor tersebut. 

Lalu bagaimana caranya menaikan DA dan PA Web Site Saya? 
Sebelum anda melakukan Optimasi menaikan DA dan PA, tentukan URL halaman web anda mana yang akan di target untuk dapat menjadi halaman pertama di google. Tidak harus halaman utama bisa saja halaman lain. 

Berikut yang harus diperhatikan syarat untuk menentukan halaman yang ditarget akan efektif dan mudah masuk ke halaman pertama google.Hal ini juga biasa disebut SEO ON PAGE.

1.Isi atau Kontent halaman anda relevan atau berhubungan dengan Kata Kunci yang di target. Apabila kata kunci adalah Paket Wisata Bali, maka halaman web anda harus berisikan mengenai "Apa saja yang ditawarkan untuk wisata ke bali?" Berapa Harga Paketnya? Bagaimana Menghubungi anda?.

2. Buat Title Halaman Web anda Relevan terhadap Meta Deskripsi dan Content Web anda. Untuk mengecek seberapa relevan, anda bisa menggunakan Tools SEO Centro.

3. Hindari Loading yang lama saat membuka halaman web anda.

Setelah selesai, kita akan lanjut ke Tahap Berikutnya yaitu
 Link Building
Rahasia membangun link building dan mendapatkan backlink berkualitas dalam waktu 60 menit !!
  
yang akan kita bahas pada artikel berikutnya





Postingan populer dari blog ini

Listing Backlink dari SERPOWERLIST - Updated 16 April 2016

Listing SERPOWERLIST BACKLINK ENGINE GUESTBOOK SHOUTBOX
Berikut update 16 april untuk listing backlink engine guestbook shoutbox, saya akan mengupdate setiap minggu nya untuk listing terbaru dari backlink yang ada dari SERPOWERLIST dan kamu bisa menggunakannya secara GRATIS !

Bakclink Gratis-Do Follow GuestBook High PA & DA - Updated 18 April 2016

Berikut update Backlink Gratis untuk Engine Advance GuestBook Do Follow High DA dan PA Update 18 April 2016.
Backlink Gratis Diupdate 1 Minggu 2 Kali




Backlink Guest Book Do Follow-Part 1

Berikut ini backlink Guest Book yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan SERP..Do Follow